PANCASILA-POST: Persiapan perkuliahan Tahun Akademik 2023/2024 dilingkungan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang akan dimulai pekan depan. Berbagai persiapan dilakukan oleh masing-masing program studi (Prodi) baik persiapan perangkat pembelajaran maupun fasilitas pendukung lainnya.

Kamis Pagi (21/9/2023), Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menggelar Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPS) Berbasis Project Based Learning (PjBL).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang C-9 diikuti seluruh dosen pengampun matakuliah dilingkungan Prodi PPKn. Dalam Sambutannya, Romadhon, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan ini merupakan penyegaran bagi Ibu Bapak dosen dalam penyusunan RPS. “Kami yakin teman-teman dosen sudah sangat paham soal RPS yang setiap semester mesti disiapkan”, katanya.

Maka dari itu, lanjut pria berkopyah merah penyusunan RPS ini secara khusus pengembangan dari RPS sebelumnya yang saat ini ditekankan pada PjBL. Hal ini juga sebagai bagian dari pengembangan kurikulum program studi dalam mendukung MBKM mandiri.

Sementara, dalam penyusunan ini menghadirkan fasilitator, Dr. Agus Sholeh, M.Pd yang juga Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran, Praktek Keguruan, dan Industri Unikama.

Agus, sapaan akrab mengingatkan sebagaimana dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 pasal 14 yang intinya mengutamakan pengembangan Kreatifitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

Ia juga menjelaskan bahwa PjBL berawal dari Student Centred Learning (SCL), yang mana dulu anak menjadi objek, dan sekarang bergeser anak menjadi subjek. Lebih lanjut, pria lulusan Doktor Teknologi Pembelajaran memaparkan beberapa metode pembelajaran SCL, misalnya Small Group Discussion, Discovery Learning, Collaborative Learning, dan PjBL itu sendiri.

“jadi model pembelajaran itu sangat variatif, namun langkah awal yang harus dilakukan oleh Prodi PPKn membuat pedoman penyusunan RPS agar semua bisa memiliki persepsi yang sama”, jelasnya.

“Format RPS sama seperti yang telah digunakan oleh Prodi PPKn, hanya saja dosen harus komitmen dalam pengumpulan RPS”, imbuh pria asal Gondanglegi Malang.

Kegiatan ini disambut sangat antusias oleh dosen Prodi PPKn. Hal ini terlihat dalam suasana sharing yang ditegaskan oleh Dr. Andri F. Gultom, M.Phil yang menyatakan Ruhnya PjBL itu ada di sintak atau langkah-langkah pembelajaran, dan dasar pemikiran PjBL dari gagasan menjadi tindakan.

Kegiatan ini kemudian dilanjut dengan rapat koordinasi awal semester yang dipandu oleh E. Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd dimana ia mengapresiasi atas kerjasamanya semester genap yang lalu. Ia berharap, tahun akademik 2023/2024 menjadi titik awal untuk lebih baik dalam menjalankan tridharma dengan menitikberatkan pada karakter APIK, yakni Adaptif, Partisipatif, Inovatif, dan Kolaboratif. (mr.dont)

Prodi PPKn Unikama Tekankan PjBL Sebagai Pengembangan Kurikulum