PANCASILA-POST: Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (DPP AP3KnI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Kegiatan yang berlangsung di Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebeles Maret Surakarta dihadiri seluruh pengurus wilayah dan Ketua Program Studi (Ka. Prodi) PPKn mulai program sarjana, magister, dan doktor.

Kegiatan yang digelar Rabu (14/6), diawali Sarasehan Pancasila yang menghadirkan Direktur Pengkajian dan Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila – BPIP RI, Dr. Muhammad Sabri, M.Ag. Selain paparan materi tentang Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Ethico-Spiritus : Meneguhkan Wawasan Ke-Indonesia-an, ia juga memberika peluang kerjasama yang bisa dilakukan oleh AP3KnI. “kedepan perlu sinergitas antara BPIP dan AP3KnI dalam merumuskan beberapa kebijakan terkait pembumian Ideologi Pancasila baik disekolah maupun tataran kampus”, ungkapnya.

Rakernas yang dihadiri para Ka. Prodi PPKn ini diselenggarakann secara blended, luring, dan daring. Turut hadir Ka. Prodi PPKn Unikama, Romadhon, S.Pd., M.Pd. Kehadiran Ka. Prodi PPKn Unikama ini sekaligus melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan beberapa Prodi PPKn yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam keterangannya, Pria yang berkopyah merah ini menuturkan, kegiatan Rakernas ini tentu akan merumuskan kurikulum Prodi PPKn dalam semua jenjang. Hal ini dilakukan karena kurikulum itu sangat dinamis. Apalagi Prodi PPKn yang selalu menjadi benteng Pancasila untuk keutuhan NKRI.

Namun, lanjutnya momentum ini ia manfaatkan untuk melakukan kerjasama dengan Prodi PPKn. “Kerjasama ini kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kurikulum, apalagi Prodi PPKn Unikama sedang melaksanakan MBKM secara mandiri”, ujarnya.

“ada beberapa yang Prodi yang telah penandatangani, ada Universitas Nusantara PGRI Kediri, Univeritas PGRI Madiun, Universitas PGRI Semarang, Universitas PGRI Yogyakarta, Univeritas Sebelas Maret, dan juga Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan teman-teman sepakat untuk melakukan kerjsama ini”, bebernya.

Kerjasama yang dilakukan difokuskan pada ruang lingkup, seperti; Tridharma Perguruan Tinggi, Pertukaran Dosen dan Mahasiswa, dan Publikasi dan kegiatan ilmiah lainnya. “kedepan kita akan lakukan beberapa kegiatan kolaborasi dengan mitra kerjasama guna mendorong lulusan yang memiliki kompetensi plus, hal ini sesuai dengan profil lulusan Prodi PPKn”, harapnya. (mr. dont)

Hadiri Rakernas, Ka. Prodi PPKn Unikama Tandatangani Perjanjian Kerjasama