PANCASILA POST: Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun 2023, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan (Prodi PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Sabtu (23/9/2023).

Kegiatan yang diawali acara fakultas berlangsung di Aula Sarwakirti yang diikuti ratusa mahasiswa baru dilingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unikama. “Setelah acara fakultas ini, langsung acara PKKMB masing-masing prodi dengan ruangan yang telah ditentukan panitia”,ujar Nanang koordinator sie. giat.

PKKMB Prodi PPKn dipusatkan di Ruang H-14 Gedung Multikultural. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru yang sementara berjumlah 41. Kegiatan yang dihadiri dosen dilingkungan Prodi PPKn ini lagsung dipimpin oleh Romadhon, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi.

Dalam sambutannya, dosen berkopyah merah ini menyampaikan selamat bergabung dan menjadi keluarga besar Prodi Paling Keren (PPKn) dengan menjunjung tinggi keberagaman, menumbuhkan kebersamaan dalam menyiapkan masa depan yang cemerlang. “Kebersamaan ini perlu dijaga, dengan nilai-nilai Pancasila”, katanya.

Kebutuhan guru PPKn, lanjut pria asal Sampang 5-6 tahun kedepan sangat dibutuhkan, pasalnya akan terjadi masa pensiun besar-besaran. “saya berterima kasih adik-adik mahasiswa baru telah memutuskan pilihan yang tepat, pilihan yang sangat bermanfaat untuk kemajuan bangsa ini di Prodi PPKn”, ujarnya. Karena itu, mari kita siapkan diri menjadi insan pembelajar sepanjang hayat.

“Jadilah mahasiswa yang tak hanya dari ruang kelas ke kamar kos, banyak aktivitas positif yang mengembangkan potensi saudara menjadi sebuah prestasi”, imbuhnya.

Kurikulum Prodi PPKn telah mengimplementasi MBKM mandiri dengan pendekatan APIK (Adaptif, Partisipatif, Inovatif, Kolaboratif). Selain itu, Romadhon yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKABA) Unikama memaparkan berbagai kegiatan program studi, prestasi mahasiswa 3 tahun terakhir, program MBKM, hingga teknis penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS).

Penyusunan KRS akan didampingi kakak kelas yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMPS). Ketua Umum HMPS, Rosita Aprilia yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut, menuturkan penyusunan KRS untuk maba ini akan didampingi pengurus HMPS, maklum mereka butuh arahan dalam penyusunan KRS.

“bahkan kami tidak hanya mendampingi saat penyusunan KRS, namun pendampingan akademik terus kami lakukan agar adik-adik mahasiswa bisa beradaptasi dan merasa bahagia kuliah di Unikama khususnya Prodi PPKn”, pungkasnya.

Setelah mereka melakukan penyusunan KRS, dilanjutkan outbound untuk menumbuhkan kekompakan dan kebersamaan. Dan kegiatan ini diakhiri dengan malam Pekan Kreasi Nusantara (PKN) yang diikuti seluruh mahasiswa aktif dilingkungan Prodi PPKn. Malam PKN berlangsung di Teras PMB Unikama dengan berbagai penampilan dan hiburan dari dan oleh untuk mahasiswa. (mr.dont)

MALAM PEKAN KREASI NUSANTARA (PKN) MENJADI PENUTUP PKKMB PRODI PPKn UNIKAMA 2023