PANCASILA-POST: Pengembangan profesionalitas guru di Indonesia terus digalakkan oleh pemerintah. Melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik Dalam Jabatan (Daljab) maupun Prajabatan. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi penyelenggara program PPG sejak 2019. Salah Program Studi (Prodi) yang dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikudristek) RI untuk menyelenggrakan PPG adalah Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Khidmat: Suasana Koordinasi Persiapan Pelaksanaan PPG Kategori 2 Tahun 2022, Senin (22/8)

“Prodi PPKn dipercaya menyelenggarakan program PPG ini sejak tahun 2021, program ini masih Daljab”, ujar Romadhon. Seperti diketahui, program PPG ini dilaksanakan secara daring dengan biaya ditanggung pemerintah. “kedepan program PPG bisa diselenggarakan secara mandiri, ini juga banyak rekan-rekan alumni PPKn Unikama yang ingin kuliah PPG secara mandiri”, ungkap Ka. Prodi yang juga menjabat Sekretaris Jenderal PP. IKABA.

Pada PPG Daljab Kategori 1 yang sedang memasuki persiapan PPL ini mayoritas peserta berasal dari Indonesia Timur, seperti; NTT. NTB, Sulawesi. Ini membuktikan bahwa Prodi PPKn Unikama konsisten dalam menyiapkan guru profesioanal. Menurut Romadhon, ini sesuai dengan visi keilmuan Prodi yakni menjadi pendidik profesional dengan dibekali nilai-nilai kewarganegaraan berlandaskan Pancasila. “Untuk PPG Daljab Kategori 2, peserta berasal dari wilayah jawa yang sebagian besar guru SMA dan SMK”, Imbuhnya.

Sementara, koordinasi persiapan pelaksanaan PPG Daljab Kategori 2 Tahun 2022 berlangsung di Hotel The 101 Kota Malang, Senin (22/8). “Kagiatan yang dihadiri Dosen dan Guru Pamong ini mendapatkan pembekalan, mulai penggunaan LMS, penilaian, hingga pengembangan perangkat pembelajaran”, ujar Dr. Nurul Aini, M.Si, selaku Koordinator PPG Unikama. (Mr. Don’t)

Siapkan Guru Profesional, Prodi PPKn Selenggarakan PPG