PANCASILA-POST: Program pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun mahasiswa. Melalui program Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menerjunkan sekitar 530-an mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian di Wilayah Kabupaten Malang.

Tahun ini, Unikama sebagai penerima hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Institutional Support System (ISS) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023 menyelenganggarakan KKN Tematik-MBKM Program ISS.

GEMBIRA: Peserta KKN-Tematik MBKM Desa Gondowangi berpose bareng DPL, Romadhon

Salah satu peserta program tersebut adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kegiatan pemberangkatan yang berlangsung di halaman depan Rektorat dipimpin langsung oleh Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Selasa (1/8/2023)

Dalam Sambutannya, ia berpesan agar peserta selama mengabdi di desa menjaga reputasi kampus dengan berkomunikasi dan berperilaku yang baik. “lakukan aktivitas yang memiliki dampak positif untuk pembangunan desa berkelanjutan, agar kelak saudara menjadi bagian dari garda pembangun desa yang makmur.

Sementara, Romadhon, S.Pd., M.Pd yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membimbing di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang beserta DPL lainnya. “ya .. kita dsambut baik disini, alhamdullah anak-anak kami bisa berinteraksi dan siap berkolaborasi dengan masyarakat desa”, ucap pria yang juga Ka. Prodi PPKn. Lebih lanjut, program ini bagian tak terpisahkan dalam mengimplementasikan kebijakan MBKM guna memberikan dan memperluas pengalaman pada mahasiswa.

KOLABORASI: Para DPL KKN-Tematik Desa Gondowangi Berfoto Bareng dengan Kepala Desa

Dalam acara penyerahan yang berlangsung di Balai Desa Gondowangi, Danis Setyabudi Nugroho selaku Kepala Desa sangat berterima kasih kepada Unikama yang mempercayakan Desa Gondowangi dipilih sebagai lokasi KKN Tematik ini.

“kemarin, mahasiswa sudah menawarkan proposal kepada kami terkait progam apa saja yang akan dilakukan selama KKN disini, sehingga kami berharap kegiatan yang akan dilakukan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di desa kami sesuai hasil observasi”, ungkapnya.

Hal ini dilakukan untuk mendorong kemajuan desa. “apapun kegiatan yang akan dilakukan, tentu harus koordinasi dengan perangkat desa, karena pada prinsipnya kami siap berkolaborasi untuk kesuksesan program ini yang berdampak jangka panjang”, imbuh Kepala Desa yang memasuki periode kedua.

KOMPAK: Peserta KKN-Tematik Siap Berkolaborasi dengan Desa Gondowangi Kecamtan Wagir Malang

Sementara, Dr. Suwito, M.Pd selaku Koordinator DPL berharap kegiatan yang dimulai 1 Agustus hingga akhir November 2023 betul-betul menjadi kesempatan untuk mengintegrasikan ilmu yang didapatkan selama kuliah dengan dunia nyata, agar ketika lulus sudah siap menjadi pioner dari pengembangan desa berkelanjutan di desanya masing-masing. Hal ini yang juga menjadi visi kampus menuju unggul 2025.

Turut hadir dalam acara penyerahan, Ka. Prodi Pendidikan Fisika Chandra Sundaygara, M.Pd, Kap. Prodi Ilmu Hukum Anindya Bidasari, SH., M.Kn, Ka. Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling Eva Kartika Wulan Sari, S.Pd., M.Pd, Ka. Prodi PG-PAUD Henni Anggraini, M.Psi, Ka. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Suryantoro, M.Pd, Ka. Prodi Peternakan Dr. Dimas Pratidina Puriastuti H, S.Pt., MM. (Mr. Don’t).

IKUTI PROGRAM KKN-TEMATIK MBKM, PRODI PPKn UNIKAMA SIAP BERKOLABORASI DENGAN DESA