PANCASILA-POST: Mengagetkan, baru-baru ini UniRank merilis 15 Universitas terbaik di Jawa Timur. Kampus terbaik di Jawa Timur tersebut meliputi kampus negeri maupun swasta. Berada pada urutan teratas ada Universitas Brawijaya Malang dan disusul urutan kedua Universitas Airlangga Surabaya seperti yang dikutip pada laman https://malang.jatimnetwork.com/. Ini juga diperkuat dalam rilis resmi pada laman https://www.4icu.org/id/.

Mengutip pada laman resminya, UniRank merupakan direktori pendidikan tinggi internasional serta situs yang menampilkan pemeringkatan lebih dari 14.000 Universitas di dunia. Selain itu, unirank juga telah diakui secara resmi di 200 negara.

Dari 15 Universitas terbaik, ada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang pada urutan 14. Kampus yang akrab disebut UNIKAMA ini cukup bersaing dengan beberapa kampus negeri di Jawa Timur. Bahkan UNIKAMA masuk peringkat 70 perguruan tinggi di Indonesia versi UniRank. Prestasi ini disambut baik oleh sivitas akademika UNIKAMA sebagai hadiah Dies Natalis ke 66 tahun ini.

Ditemui Selasa Sore (22/5), Romadhon selaku Ketua Program Studi (Ka. Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) bersyukur diulang tahun ke 66, UNIKAMA mampu bersaing dengan kampus di Wilayah Jawa Timur. “ini menandakan masyarakat Jawa Timur menitip kepercayaan pada kampus kami”, tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya. UNIKAMA juga menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat Indonesia untuk menyiapkan masa depan yang gemilang di era teknologi.

Pria asal Sampang ini menambahkan, UNIKAMA merupakan miniatur Bangsa Indonesia, karena berbagai suku, ras, agama, dan budaya berjumpa di kampus ini, kampus multikultural. Keberagaman terus dirajut, eksistensi budaya menjadi ruang ekspresi bagi mahasiswa untuk mencintai budayanya masing-masing.

UNIKAMA menyelenggarakan 18 program sarjana, 6 program Pendidikan Profesi Guru (PPG), 4 program Magister. Salah satu program sarjana yang terus memiliki saya saing tinggi dikancah nasional adalah Prodi PPKn.

Menurut Ka. Prodi PPKn, program studi ini memiliki keunggulan baik dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, maupun pengembangan potensi mahasiswa. Dibidang kurikulum misalnya, lanjut Pria berkopyah merah. Kurikulum Prodi PPKn berbasis APIK (Adaptif, Partsipatif, Inovatif, Kolaboratif). Adaptif, kurikulum dan pembelajaran didalamnya terus beradaptasi dengan kebijakan pemerintah, termasuk mengimplementasi program MBKM. Partisipatif, seluruh dosen dan mahasiswa kita dorong memiliki partisipatif aktif baik dalam kegiatan ilmiah maupun kegiatan kemasyarakatan.

Sementara pada sisi Inovatif, ia mendorong setiap dosen dan mahasiswa harus mengedepankan nilai-nilai inovasi baik pembelajaran maupun aktivitas mahasiswa. Yang terakhir Kolaboratif, Prodi PPKn menyelenggarakan kegiatan kolaborasi dengan berbagai mitra baik dalam kelas kolaboratif, maupun magang. Misalnya, Kelas Kampus Mengajar yang menjadi program MBKM, Magang Kewarganegaraan, MSIB, dan kuliah parlemen. Tentu semua itu dipersiapkan agar lulusan Prodi PPKn lebih APIK dalam menjawab kebutuhan warga negara (masyarakat).

Sementara E. Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd menambahkan berbagai fasilitas penunjang kami siapkan mulai Laboratorium dan Perpustakaan PPKn, Penerbitan dan Percetakan, Laboratorium Internet, Laboratorium Microteaching, Ruang Pengelolaan Jurnal Moral Kemasyarakatan, fasilitas olahraga, ruang ekspresi mahasiswa (gedung serbaguna), Hotspot area, dan Auditorium Multikultural.

Pada pengembangan potensi mahasiswa difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), forum Diskusi Pancasila (SiLa), Pekan Kreasi Nusantara (PKN), Duta Pancasila, Civics Camp, dan kegiatan pengembangan minat bakat lainnya.

Selain biaya kuliah terjangkau, juga disediakan berbagai beasiswa, seperti; Kartu Indonesia Pintar (KIP) Merdeka, Beasiswa Prestasi Akademik, beasiswa Alumni, dan banyak kemudahan lainnya. Silakan bagi wagra negara yang berminat menjadi bagian dari keluarga besar Prodi Paling Keren (PPKn) bisa menghubungi di 085-234-732-352 atau kunjungi website: www.psppkn.unikama.ac.id tunggu apalagi..yuk segera daftar mumpung ada kesempatan. (Mr. Don’t)

Unikama Masuk 15 Kampus Terbaik di Jawa Timur, ini Keunggulan Prodi PPKn Lebih ‘APIK’