PANCASILA-POST: Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 akan dimulai minggu depan. Berbagi persiapan yang mendukung pembelajaran terus disiapkan. Salah satunya, Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Rapat Awal Semester. Rapat yang dihadiri seluruh dosen pengampu di lingkungan Prodi PPKn ini dipusatkan di ruang C-9 Gedung Rektorat Lantai III, Rabu (21/9).

Dalam rapat, Romadhon, M.Pd selaku Ketua Prodi memaparkan beberapa hal penting yang perlu diketahui seluruh dosen pengampu. “pada rapat kali ini, ada hal-hal yang perlu kami sampaikan mulai hasil evaluasi dosen dalam pembelajaran hingga persiapan asesmen lapangan-akreditasi prodi”, ujarnya. Hasil evaluasi dosen yang dilakukan setiap semester oleh Pusat Penjaminan Mutu (PPM) untuk menjadi bahan perbaikan terutama meningkatkan mutu pembelajaran.

“Hasil evaluasi ini perlu kami sampaikan pada kesempatan ini agar menjadi refleksi bagi Ibu/Bapak semuanya, terlebih dalam memberikan layanan pada mahasiswa baik layanan akademik maupun non akademik”, tuturnya. Disamping itu, lanjut pria yang menjabat Sekretaris Jenderal Ikatan Keluaraga Besar Alumni (IKABA) Unikama, berpesan bahwa dalam rangka meningkatkan layanan optimal, jangan pernah meremehkan hal kecil, termasuk dalam merespon WA dari mahasiswa yang notabene mereka (mahasiswa, red) butuh bimbingan dan nasehat dari kita.

Perkuliahan di Unikama akan berlangsung Senin (26/9), maka pada kesempatan ini tidak boleh disia-siakan. “bangun hubungan yang hangat dengan penuh kekeluargaan, maka disitulah mahasiswa akan merasa nyaman, dan bangga bisa kuliah di kampus multikultural”, tegasnya.

Tak terlepas dari pembahasan rapat, pria yang berkopyah merah ini seraya mengingatkan, kewajiban dosen dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, seperti RPS, RPP, buku ajar perlu disiapkan dengan baik. Meski pembelajaran semester ini luring, lanjut pria bertubuh kecil asal Sampang tetap mengisi konten pembelajaran di SPADA dengan sebaik mungkin. “hal ini memfasilitasi bagi mahasiswa yang sambil bekerja maupun yang masih diluar Malang”, ungkapnya. “Layanilah mereka seperti melayani anak sendiri. Karena layanan yang edukatif akan berdampak pd reputasi”, pintanya.

Sebelum mengakhiri rapat, Bang Roma panggilan akrab Ka. Prodi PPKn mengajak untuk saling membantu, saling melengkapi dalam menyiapkan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi prodi yang kemungkinan dilakukan awal Oktober. Ia pun terus memantau laman LAMDIK untuk memastikan agenda asesmen yang akan dilakukan oleh asesor LAMDIK. “mari kita persiapkan semuanya, baik perangkat pembelajaran, layanan yang prima, maupun persiapan asesmen dengan semaksimal mungkin”, imbuhnya. (Mr. Don’t)

Rapat Awal Semester, Ka. Prodi PPKn Unikama Tekankan Layanan Berdampak
WhatsApp chat