PANCASILA-POST: Berbagai terobosan yang dilakukan perguruan tinggi untuk menarik perhatian masyarakat, terutama dalam masa penerimaan mahasiswa baru. Ini dilakukan seiring Perguruan Tinggi Negeri membuka berbagai jalur dalam penerimaah mahasiswa baru. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang dikenal akrab dengan Unikama mengambil bagian dalam menjemput simpati masyarakat. Kampus yang terletak di Jalan S. Supriadi No.48 Kota Malang memiliki 18 Program Studi (Prodi) strata satu (S1), 4 program magister, dan 6 program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Salah satu prodi yang menawarkan berbagai kemudahan dan beasiswa pada tahun akademik 2022/2023 adalah Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Prodi PPKn yang merupakan prodi tertua, terus konsisten dalam menyiapkan lulusan yang profesional. “berbagai terobosan kita lakukan dalam menyiapkan lulusan yang bukan sekedar lulus, Prodi PPKn didukung oleh Dosen yang profesional, kurikulum yang menjawab kebutuhan”, uacap Romadhon, Ka. Prodi PPKn.

Terobosan itu, lanjut Pria kelahiran Sampang diantaranya; kurikulum sesuai kebijakan MBKM, penguatan nilai-nilai Pancasila, dan lulusan selain menjadi guru profesional juga disiapkan menjadi sosiopreneur. “Hal lain, kita dorong mahasiswa Prodi PPKn untuk berkegiatan diluar kampus, mencari pengalaman untuk meningkatkan soft skill. Dari aktifitas itu kita konversi menjadi SKS. Sehingga mereka (mahasiswa, red) lebih cepat dalam menyelesaikan studi.”, ungkap.

Sementara, menurut Ka. Prodi yang khas berpeci merah, tahun ini Prodi PPKn menerima mahasiswa baru malalui jalur Reguler, Non Reguler, Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K), Transfer, dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pendaftaran hari ini sudah memasuki gelombang 3 hingga akhir September 2022. “pada pendaftaran gelombang 3 ini ada potongan DPP 50% baik jalur prestasi non akademik maupun yang memiliki kartu UTBK saat ikut SBMPTN”, pungkasnya.

Proses pembelajaran di Prodi PPKn didukung Laboratorium dan Perpustakaan PPKn, Laboratorium Microteaching, Pojok Pancasila, Ruang Multimedia, Studio Pembelajaran. Pada aspek pengembangan minat bakat, prodi menyiapkan wadah, seperti; Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang variatif. (Mr. Don’t)

Prodi PPKn Unikama, Lakukan Terobosan Dalam Menyiapkan Lulusan