PANCASILA-POST: Progam kampus merdeka yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia terus memberikan dampak postif dari berbagai stakeholders. Hal ini disambut baik oleh perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program persiapan karier yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi.

Keren: Desain ucapan selamat dan Program Studi PPKn

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Fistra Deka Elvira dan Wahyu Hidayat mahsiswa Progarm Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Keduanya dinyatakan lolos dalam mengikuti program MSIB angkatan 3. “alhamdulilah, bisa diterima di program MSIB angkatan 3, setelah berjuang mulai seleksi administrasi, testulis, dan wawancara, seneng banget pokoknya”, tutur Fistra mahasiswa Prodi PPKn semester 5 ini.

Hal senada juga diungkapkan Wahyu, Ia bersyukur bisa bergabung di program ini, dan ini pengalaman yang akan saya manfaatkan dengan baik. “Apalagi saya dan Fistra diterima PT. Arah Dunia Televisi Jogjakarta sebagai reporter”, ungkap mahasiswa pegiat anggrek. Program MSIB angkatan 3 ini dimulai 22 Agustus hingga 31 Desember 2022.

Serius: Fistra (pinggir berjilbab) dan Wahyu (depan baju putih) peserta MSIB di ADI TV Jogjakarta sedang mengikuti pembekalan

Fistra berharap, dalam kegiatan MSIB ini dapat menimba dan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang bermanfaat dalam kegiatan ini. Pengalaman ini akan membantu saya dalam kegiatan yang akan saya lalui kedepannya. “Entah di dunia kampus ataupun di dunia luar kampus. Dan untuk MSIB semoga selalu konsisten dalam membina serta memfasilitasi generasi generasi muda demi mengembangkan kemampuan dalam diri mereka”, harapnya.

Dan untuk proses dalam program ini, lanjut Fistra perempuan asal Jombang ini mendapatkan informasi seputar MSIB ini dari sosial media instagram. Ia mencaritakan mulai persiapan berkas hingga persiapan mental guna membantu kelancaran proses untuk mengikuti MSIB. Karena sangat banyak yang mengikuti program ini, Ia secara khusus mendapat dukungan dari orang tua. Sehingga menambah semangatnya. “orang tua sangat merespon baik dan selalu mensupport kegiatan saya dalam hal positif. Selain persiapan berkas dan mental saya juga menyiapkan diri dengan cara belajar untuk melewati tahapan tes baik dari mitra maupun kemendikbudristek itu sendiri” imbuh Sekretaris HMPS-PPKn.

Inspiratif: Asri sedang melakukan literasi di perpustakaan sekolah tempat kampus mengajar angkatan 4

Selain MSIB, mahasiwa Prodi PPKn juga lolos dalam program Kampus Mengajar angkatan 3 dan 4. Asri Makrifatul H, peserta Kampus Mengajar angkatan 4 menuturkan program kampus mengajar memberikan tantangan tersendiri, bukan saja karena lokasi penempatan, tetapi juga komitmen dalam mengabdi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Selain itu, Ia juga ingin ikut andil dalam menyiapkan generasi emas Indonesia, makanya saya bertekad ikut program ini. (Mr. Don’t)

Mahasiswa Prodi PPKn Unikama, Lolos Progam MSIB dan Kampus Mengajar Kemdikbudristek 2022