PANCASILA-POST: Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 yang diselenggrakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur semakin semarak. Kegiatan yang dipusatkan di Alun-Alun Kaniogoro Kabupaten Blitar ini dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sabtu (28/10/2023).

Upacara yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dimeriahkan berbagai lagu-lagu daerah, tarian nusantara, dan atraksi lainnya. Tampak hadir juga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dan Ketua DPRD Propinsi Jawa Timur Kusnadi.

Peringatan hari sumpah pemuda tahun ini menjadi sangat bermakna bagi pria asal Kabupaten Malang, Bagas Yudhoyono Purwanto. Bagas, panggilan akrab mendapatkan penghargaan sebagai Pemuda Utama Terbaik Provinsi Jawa Timur Bidang Teknologi Pemberdayaan Desa Tahun 2023.

Pria yang merupakan Alumni Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengucapkan Terima kasih Ibu Khofifah, Gubernur Jawa Timur karena dengan adanya event ini menjadi wadah kami untuk mengkreasikan dan menumbuhkan inovasi serta prestasi kami, dan untuk membawa Jawa Timur bangkit ke depannya.

Mahasiswa Prodi PPKn angkatan 2018 ini menceritakan, pada mulanya saya mengikuti seleksi pemuda utama provinsi jawa timur tahun 2023 ini ditunjuk langsung oleh Dispora Kabupaten Malang menjadi delegasi Kabupaten Malang.

“Karena saya sebelumnya pernah mengikuti event pemuda pelopor tahun 2022 akan tetapi gagal di wawancara”, ucap Bagas yang juga penggagas aplikasi TalokGo.

Desa Talok Kecamatan Turen adalah dimana Bagas dibesarkan dan berkembangan sampai saat ia mengenyam pendidikan di Unikama. Selama menempuh studi di Unikama, Bagas merupakan mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan terutama kegiatan yang berorientasi pada pengembangan diri.

“pada kesempatan ini, saya juga berterima kasih pada Almamater, Prodi PPKn Unikama yang telah banyak memfasilitasi saya untuk berkembang diluar aspek akademis, karenanya kuliah di Unikama harus mampu menyeimbangkan antara akademis dan non akademis”, ungkapnya.

Ditanya soal keikutsertaan event ini, Bagas yang juga guru PPKn SMP Negeri di Kecamatan Turen ini mengikuti seleksi administrasi dengan mengumpulkan segala macam administrasi yang dibutuhkan. “pada tanggal 14 Juli 2023 ada pengumuman dari pihak penyelenggara bahwa saya lolos seleksi administrasi dan berhak maju ke tahap kedua yaitu tahap wawancara dan presentasi”, kenangnya.

Alhasil, ia berhak mengikuti tahap selanjutnya, vitasi lapangan/verfikasi lapangan. Dimana visitasi lapangan dilakukan tanggal 23 Agustus 2023 oleh penyelenggara di Desa Talok Kecamatan Turen. “Disitulah, saya kembali mempresentasikan apa inovasi yang saya buat mulai awal perjalanan hingga berada di puncak”, bebernya.

Pada hari yang istimewa, ia langsung mendapatkan dua penghargaan sekaligus, pertama sebagai pemuda utama bidang teknologi pemberdayaan desa. dan kedua juara umum pemuda utama Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

Ia berharap, setelah mendapatkan penghargaan ini akan mengembangkan apa yang sudah saya ciptakan yaitu aplikasi multi layanan jual beli produk maupun jasa lebih luas lagi, tidak hanya mencakup masyarakat desa saja akan tetapi seluruh Indonesia.

Ia juga bisa menjadi contoh bagi pemuda desa yang lain, bahwasanya kita memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berprestasi, berkontribusi dalam bidang apapun dan memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitar maupun Indonesia. (Mr. Don’t)

Peringatan Sumpah Pemuda, Bagas Alumni Prodi PPKn Unikama Raih Penghargaan dari Gubernur Jatim