PANCASILA-POST: Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilingkungan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) berlangsung sejak Selasa kemarin (20/9). Kegiatan PKKMB yang dipusatkan di Aula Sarwakirti ini diakhir dengan acara Fakultas dan Program Studi (Prodi) di lingkungan Unikama, Sabtu (24/9). Salah satu Prodi yang menggelar acara ke-prodi-an adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang digelar di Ruang H-14 Gedung Multikultural lantai II kampus setempat.

Acara yang dipandu oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PPKn ini diawali dengan selayang pandang Prodi PPKn. Sementara, Ka. Prodi PPKn, Romadhon, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan ini selain menyampaikan ruang lingkup akademik mulai visi misi, kurikulum, program, dan pengenalan dosen. Selain itu, juga membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Lingkungan sekitar menjadi tanggungjawab kita, bukan orang lain. Maka dalam kegiatan ini kami mengajak mahasiswa baru Prodi PPKn untuk bergandengan tangan untuk mengambil sampah yang ada disekitarnya”, ujarnya.  Mereka (mahasiwa, red) diajak keliling sekitar kampus, masjid, dan gereja untuk memastikan tak ada sampah disekitarnya.

“saya senang sekali, bisa terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kampus, apalagi tadi kami bisa kerja bakti baik disekitar masjid maupun gereja yang tak jauh dari kampus kami”, ungkap Anisa

Perempuan dengan nama lengkap Anisa Putri Anggraini asal Donomulyo Kabupaten Malang menceritakan ketertarikannya memilih Prodi PPKn. Prodi ini yang saya pahami, lanjutnya lebih banyak mempelajari nilai-nilai kebangsaan, saya termasuk kita ini harus menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI.

KEBERSAMAAN: Mahasiswa Baru Prodi PPKn mengikuti outbond sebagai rangkain PKKMB 2022, Sabtu (24/9)

Sementara, Ketua Umum HMPS-PPKn, Godensia Geo berharap kegiatan seperti ini terus kita tingkatkan, agar menjadi pembiasaan. Bukan hanya dikampus, tapi dimana dan kapanpun menjaga lingkungan bersih dan sehat adalah tanggungjawab kita bersama. “setelah kegiatan ini, adik-adik mahasiswa baru kami ajak untuk mengikuti outbond di halaman Rusunawa sebagai bagian refleksi agar mereka lebih semangat dalam mengikuti perkuliahan yang akan di mulai senin besok”, tuturnya

KOMPAK: Foto bersama dengan penuh ceria usai acara selesai

Perlu diketahui, penerimaan mahasiswa baru Unikama Tahun Akademik 2022/2023 ditutup pada tangal 30 September 2022. Bagi siapa pun dan dimana pun yang ingin menyiapkan masa depan lebih cemerlang, silakan daftarkan diri Anda di Prodi Paling Keren (PPKn). Bagi yang belum diterima program KIP-K, silakan gunakan bukti pendaftaran KIP-K nya untuk mendapatkan potongan DPP hingga 50%. (Mr. Don’t)

PKKMB Prodi PPKn Unikama, Ajak Peduli Lingkungan