PANCASILA-POST: Memasuki Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Sosialisai Penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS) bagi seluruh mahasiswa aktif dilingkungan Prodi PPKn. Kegiatan digelar secara online melalui Google Meet, Selasa(12/09/2023).

“Sosialisasi KRS ini dilakukan setiap tahun awal semester untuk memberikan pemahaman agar tidak terjadi kesalahan dalam memprogram matakuliah”, ucap Romadhon, Ka. Prodi PPKn.

Lebih lanjut, ia memaparkan sebaran matakuliah yang ada di semester ganjil agar tidak keliru dalam menyusun KRS. “Matakuliah yang tersebar masing-masing tiap semester ini sudah kami siapkan berdasarkan jumlah SKS, jangan lupa juga, konsultasilah dengan dosen PA-nya agar mendapat arahan dan bimbingan”, ujarnya.

Pria yang akrab dengan kopyah merah, mengingatkan jika ada matakuliah semester ganjil yang lalu ada tidak lulus atau belum diambil, harus segera diambil semester ganjil sekarang. Ini dimaksudkan agar tidak menumpuk diakhir-akhir semester.

Selain itu, ia mengapresiasi mahasiswa yang telah lolos mengikuti program MBKM, seperti Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar/Asistensi Mengajar, Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). “ini harus menjadi motivasi bagi yang lain, agar bisa menggali potensinya, dan memperbanyak pengalaman”,imbuh pria asal Sampang-Madura.

Sementara, Romadhon juga mengajak mahasiswanya yang ingin cepat lulus 7 semester setidaknya harus ikut program MBKM yang di Kemdikbudristek, karena itu matakuliahnya dikonversi hingga 20 SKS. “eman kan? Sudah dikonversi, dapat pengalaman yang banyak”, tegasnya.

Ia juga berpesan, agar saat menjalani ibadah semester ganjil nanti, perlu persiapan yang baik, mulai jaga kesehatan, koleksi literatur yang relevan, bergaul dengan teman yang saling support, dan banyak berdiskusi baik dengan mahasiswa maupun dosen.

Sebelum sesi terkahir, Ka. Prodi yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Keluarag Besar Alumni (IKABA) Unikama menyarankan Kepada Ketua Umum Himpunan mahasiswa Program Studi (HMPS-PPKn), Rosita Aprila dan Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (SMF-IP), Cevin Samapati agar segera mempersiapkan kegiatan yang menarik dan memberikan dampak positif bagi mahasiswa khususnya mahasiswa baru angkatan Tahun 2023. Termasuk menyiapkan konsep acara ke-prodi-an dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang akan berlangsung tanggal 18-23 September 2023. (mr.dont)

Gelar Sosialisasi KRS, Ka. Prodi PPKn Tegaskan Mahasiswa Ikut Program MBKM