PANCASILA-POST: Untuk mendukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi tambahan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) meluncurkan program Citizen Podcast. Program ini salah satu pengembangan media pembelajaran yang lebih komunikatif dalam mendiskusikan beberapa isu baik soal ke-Pancasila-an, maupun kewarganegaraan dengan memanfaatkan era digital.

Program yang diluncurkan selasa (4/72023) ini memberikan ruang ruang curah gagasan dunia pendidikan baik yang mahasiswa maupun sivitas Prodi PPKn. E. Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd saat ditemui pasca peluncuran Laboratorium dan Perpustakaan PPKn mengatakan perlunya ruang curah gagasan dalam menyikapi problematika pendidikan, tak kecuali dinamika kebangsaan akhir-akhir ini.

Pria yang juga Manager Program Citizen Podcast, mengungkapkan program ini akan dilaksanakan secara rutin setiap hari selasa jam 15.00 WIB yang melibatkan mahasiswa dan dosen dilingkungan Prodi PPKn. “tak terkecuali, sewaktu-awaktu kami akan mengundang narasumber dari luar sesuai isu yang dibahas”, imbuh dosen blankon.

Hal ini bagian dari imporovisasi pengembangan MBKM mandiri. Mengingat, implementasi MBKM harus terintegrasi dalam beberapa kegiatan baik didalam kampus, maupun diluar kampus.

Sementara, Romadhon, S.Pd., M.Pd Ketua Prodi PPKn mengapresiasi program yang di gagas oleh Pak Kukuh yang menurutnya, keren dan pertama di Unikama. Lulusan Prodi PPKn sendiri, disamping menyiapkan guru yang ‘APIK’, guru yang Adaptif, Partisipatif, Inovatif, dan Kolaboratif juga menyiapkan lulusan menjadi peneliti pendidikan, lulusan yang menjadi pegiat antikorupsi maupun benteng demokrasi.

“ya, kami mengikhtiarkan bagaimana lulusan Prodi PPKn ini, selain menjadi guru, ia juga dibekali kompetensi pendukung, seperti sosiopreneur, penggerak Profil Pelajar Pancasila, dan bahkan lulusan Prodi PPKn siap menjadi pejabat publik”, tegasnya.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru Prodi PPKn Tahun Akademik 2023/2024 menawarkan beberpa program beasiswa, misalnya; beasiswa KIP-Kuliah Merdeka, Beasiswa Tahfidz, Beasiswa Alumni, Keluarga PGRI, dan lainnya. Pendaftaran dibuka mulai sekrnag hingga 30 September 2023.

Informasi selanjutnya bisa kunjungi https://pmb.unikama.ac.id/ atau di Instagram: Media_PPKn_Unikama atau intip di https://psppkn.unikama.ac.id/id/ . Kami tunggu ya … Salam Pancasila!

Luncurkan Citizen Podcast, Prodi PPKn Unikama Makin Keren!