PANCASILA-POST: Literasi dapat dipahami sebagai keterampilan kunci untuk masa depan karena kemampuan literasi yang baik memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. Dalam era digital yang terus berkembang, daya minat literasi bagi generasi milenial semakin mengkhawatirkan. Inilah alas an Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui Laboratorium Pengkajian Pancasila dan Multikultural Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Civic Literacy Festival 2024.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membumikan Pengetahuan, Meninggikan Adab” di gelar mulai 24 – 26 April 2024. Dalam keteranganya, Romadhon selaku Ketua Program Studi PPKn menjelaskan kegiatan ini sengaja dikonsep festival literasi dengan berbagai bentuk kegiatan, misalnya; ada Bazar Buku kerjasama dengan Gramedia mulai 24-26 April 2024 yang berlangsung di depan gedung Pascasarjana. “Kegiatan ini juga dimeriahkan Podcast bersama Dosen Blankon dan beberapa doorprise dari Maxim”, ujarny.

Pria yang juga Pengurus LP. Maarif NU Kota Malang melanjutkan, selain bazar, ada juga Workshop Guru Menulis Buku yang dilaksanakan 26 April 2024 di Ruang Abdoel Radjab pagi hari. “ini juga kita hadirkan narasumber dari PT. Elex Media Komputindo (Gramedia Pnerbit) Jakarta, kebetulan Pak Eko Managing Editor yang akan hadir, narasumber yang lain ada Ibu Sulistyowati Guru Motivator Literasi Nasional.

Tak hanya itu, dihari yang sama juga menggelar Bedah Buku “Filsafat untuk Pemalas”karya Gus Dhofir Zuhry yang belangsung di Auditorium Multikultural pukul 13.00 WIB. Bedah buku ini akan menghadirkan pembedah, Eko Nugroho dari Peneribit PT. Elex Media Komputindo, Dr. Yulius Rustan Effendi, S.Fil., M.Pd Dosen Program Studi PPKn Unikama, dan penulisnya Gus Dhofir.

“Rangkaian kegiatan ini tentu ingin menghidupkan kembali atmosfir dialektika di lingkungan kampus yang mulai mengering”, tuturnya. Ia juga menegaskan bagaimana pun juga mahasiswa sebagai kaum intelektual punya tanggungjawab moral untuk mengembangkan atmosfer inteltual yang berkelanjutan.

Ia berharap, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan daya literasi dan mampu menjaga semangat dialektika yang beradab. Kegiatan ini juga didukung oleh PT. Elex Media Komputindo, Dosen Blankon Channel, Toko Buku Gramedia, Siarindo Media, MC. Nusantara, STF Al-Farabi Kepanjen, dan HMPS-PPKn Unikama. (Mr.Dont)

HIDUPKAN ATMOSFER DIALEKTIKA, PRODI PPKn GELAR CIVIC LITERACY FESTIVAL 2024