PANCASILA-POST: Implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) terus dimaksimalkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Setelah sukses menandatanani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang. Kini Prodi PPKn mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Magang Kewarganegaraan selama 3 bulan di Bawaslu Kota Malang.

Penyerahan mahasiswa Magang Kewarganegaraan berlangsung di Ruang Utama Kantor Bawaslu Kota Malang, Senin siang (3/4). Acara ini diikuti mahasiswa Prodi PPKn antara lain; Fistra Deka Elvira, Asri Makrifatul Hidayah, dan Rivaldo Ganjong. Turut menyaksikan mahasiswa magang dari FISIP Universitas Brawijaya. Dan hadir juga para komisioner Bawaslu, seperti Erna Al Maghfiroh, ST, Hamdan Akbar Safara, SAP., MAP.

Dalam Sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa, S.Sos., MAP mengapresiasi kegiatan magang ini dimomentum yang tepat. Ia menuturkan ini followup dari MoA yang tahun lalu kita tandatangani. “nanti selama magang disini banyak hal yang kita pelajari, mulai diskusi pemetaan pemilih, sampai pengisian form A1’, tuturnya.

Sementara, Erna Al Maghfiroh, ST selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat menegaskan selama magang disini kedisiplinan perlu menjadi perhatian semua, yang magang disini sudah kami anggap keluarga disini. “carilah pengalaman yang banyak selama magang, agar bekal terjun ke masyarakat lebih siap, apalagi sebagai warga negara baik harus berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pemilu 2024”, imbuhnya.

“Tujuan magang kewarganegaraan ini, memberikan ruang pengalaman diluar kampus terutama dalam keterlibatan warga negara dalam menjaga nilai-nilai demokrasi”, ujar Romadhon. Selama magang harus memliki sikap ‘rasa ingin tahu’ pada hal-hal yang baru terutama tugas-tugas kepengawasan, ya..improvisasi diri lah”, tegasnya.

Disamping itu, lanjut Ketua Prodi PPKn berkopyah merah ini juga kita dorong agar mahasiswa lebih banyak belajar diluar dan membangun jejaring, sehingga lulusan Prodi PPKn tak hanya mengisi ruang kelas pembelajaran. Namun juga menjadi warga negara aktif, salah satunya ikut adil dalam mengawal demokrasi di Indoensia.

Kegiatan magang akan dilaksanakan selama 3 bulan terhitung sejak 3 April 2023. Tentu kegiatan ini dilakukan scara mandiri dan sukarela bagi yang ingin belajar diluar kampus. Karena MBKM memberikan ruang pada mahasiswa untuk belajar diluar kampus. “nanti dari magang ini kami konversi ke matakuliah yang beririsan dengan tugas dan ruang lingkup dimana ia magang”, tandasnya. (mr. Don’t)

Siapkan Jadi Warga Negara Aktif, Prodi PPKn Lakukan Magang Kewarganegaraan