PANCASILA-POST: Peringatan Dies Natalis ke-46 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) berlangsung Jumat (23/12) di Aula Sarwakirti kampus setempat. Peringatan ke 46 Tahun ini mengusung tema “Menjaga Pancasila, Demi Keutuhan Warga Negara”.

Kegiatan yang dihadiri seluruha mahasswa Program Studi PPKn dan dosen pengampu menampilkan beberapa Kreasi Nusantara. Dalam Sambutannya, Romadhon selaku Ketua Program Studi PPKn, menyampaikan kegiatan ini dikemas dalam Pekan Kreasi Nusantara (PKN). Jadi, lanjut Pria yang juga Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Besar Alumni (PP. IKABA) Unikama pada pagelaran ini akan banyak penampilan yang bernuansa Nusantara, mulai tarian daerah masing-masing kelas, Puisi, Nyanyi, Standup Comedy, dan lainnya.

Sakral: Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Umum HMPS-PPKn yang akan diberikan kepada Ketua Program Studi

“Perlu kita syukuri dalam setiap peringatan ulang tahun seperti ini, disamping bentuk syukur atas pengabdian kita di Program Studi, juga sebagai bentuk refleksi sejarah agar tak kehilangan arah”, ujarnya.

Program Studi PPKn berdiri sejak 1976 dengan nama jurusan Pendidikan Moral Pancasila (PMP), dimana kampus saat iru masih bernama IKP PGRI Jawa Timur di Malang. “Dengan demikian, tidak akan ada Program Studi PPKn, kalau tidak ada jurusan PMP. Maka jangan lupa sejarah dan embrionya dari mana”, tegas Pria asal Sampang.

Kebersamaan: Mahasiswa Prodi PPKn mengkuti pembukaan kegiatan tasyakuran penuh dengan keakraban.

Hal Senada juga disampaikan Ketua Umum HMPS-PPKn, Godensia Geo, perayaan tasyakuran ini bagian tak terpisahkan dari eksistensi Program Studi, kami sangat bersyukur tahun ini bisa dirayakan meski sederhana, namun memikat makna. “Dengan berbagai penampilan yang asli nusantara tadi, ini menjadi perekat keberagaman yang dilandasi rasa kebersamaan dalam naungan Bhinneka Tunggal Ika”, ungkap perempuan yang biasa dipanggil Ensi.

Kedepan perayaan ini, lanjut mahasiswa asal NTT harus lebih meriah dengan tetap menjaga dan memperkuat persatuan dilingkungan kampus. Semua elemen mahasiswa perlu dilibatkan, karena hanya Program Studi PPKn yang secara konsisten-komprehensif menjaga nilai-nilai Pancasila.

Keren: Berpose bersama usai penampilan tarian daerah Manggarai.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Dies Natalis tahun ini dimulai sejak tanggal 28 November 2022 dengan gelaran Refleksi Literasi. Selain itu, ada Tasyakuran, Sarasehan Kewarganegaraan, Workshop Guru Menulis, Temu Alumni, Civic Competition, dan acara puncak Civic Award yang akan digelar awal Februari 2023. (mr.dont)

Dies Natalis ke 46, Prodi PPKn Unikama Gelar PKN