PANCASILA-POST: Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Batch 3 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidkan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI telah banyak memberikan dampak positif bagai mahasiswa Indonesia. Seperti tujuan awal kebijakan program MBKM sebagaiman dikutip dari laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ ini memberikan hak belajar tiga semester di luar program studi adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Kesempatan itulah yang dimanfaatkan oleh Wahyu Hidayat dan Fistra Deka Elvira, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) angkatan 2020 Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) yang lolos MSIB Batch 3. Ia diterima magang di salah satu televisi swasta di Sleman Yogyakarta, AdiTV. “Sejak diterima, kami berdua tidak memiliki basic yang sesuai dengan posisi yang kami pilih, hanya saja kami punya hobi jadi pembawa acara waktu dikampus”, tuturnya.

Meriah: Wahyu Hidayat (Vayden Affandra) Mahasiswa PPKn Unikama dalam Pagelaran Anugerah Penyiaran DIY 2022

“Seneng banget bisa diterima di ADiTV, dan ini menjadi kesempatan berharga bagi kami, apalagi tadi malam, Sabtu (12/11) kami dilibatkan dalam event Anugerah Penyiaran DIY 2022”, ungkapnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Dayaning Konten Lokal, Penyiaran Jaman Digital” diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesai Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung meriah ini dihadiri perwakilan televisi yang ada di Yogyakarta dan seluruh TV lokal. Hadir juga dari TransTV, CNN, TVRI, termasuk berbagai stasiun televisi dan radio juga turut meneriahkan acara tersebut.

“Nominasi di lakukan secara pemilihan kategori penyiaran terbaik dari berbagai televisi lokal yang ada di Jawa Tengah. KPID memilih beberapa orang yang memang menjadi presenter berita (ANCHOR) terbaik di daerah Jawa tengah dari berbagai stasiun TV”, beber salah satu panitia melalui mahasiswa magang.

Salah satu yang masuk nominasi ANCHOR adalah mahasiswa Prodi PPKn Unikama, Wahyu Hidayat. Pemilik nama panggung /TV, Vayden Affandra ini bersyukur bisa bersaing dengan presenter berita di wilayah Jawa Tengah. Sementara Fistra, perempuan asal Jombang dinobatkan sebagai host red carpet dalam pagelaran tersebut.

Membanggakan: Mahasiswa PPKn Unikama, WahyuHidayat dan Fistra Deka E Foto Bersama Usai Acara

“Saya sangat senang sekali sampai tidak bisa diucapkan karena bisa menjadi salah satu nominasi pembaca berita terbaik, awalnya saya sangat tidak menyangka karena para pembaca berita sebelumnya yang sudah lama di ADiTV belum ada yang pernah masuk nominasi pembaca berita terbaik”, ucapnya.

Tapi untuk saat ini, lanjut pria asal Poncokusumo Malang saya berkesempatan untuk dipilih menjadi nominasi pembaca berita terbaik oleh KPID DIY. “Alhamdulillah ini semua berkat doa orang tua, bapak ibu dosen yang membimbing, mensupport dan juga dari ADiTV yang memberikan kesempatan saya untuk menjadi ANCHOR di program lensa 44”, imbuh mahasiswa semester 5 ini.

Kebaya Merah: Fistra Deka E, sebagai Host Red Carpet Dalam Acra Anugerah Penyiaran DIY 2022

Ia berharap, semoga ini bisa menjadi bekal saya kedepannya untuk menjadi lebih lagi dalam pengembangan karir kedepan. Dan juga dapat menjadi sebuah pengalaman baru dalam hidup saya. Semoga ini juga menjadi salah satu penunjang karir saya untuk masa depan yang lebih membanggakan. (Mr.Dont).

Berkat MSIB Batch 3, Mahasiswa Prodi PPKn Unikama Masuk Nominasi ANCHOR 2022