PANCASILA-POST: Dalam rangka memperkuat implementasi kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang  (Unikama) melanjutkan kunjungan hari kedua. “Kunjungan ini lebih difokuskan pada pembelajaran PPKn dan implementasi kurikulum MBKM”, ujar Romadhon saat ditemui di Gedung FPIPS kampus UPI Bandung.

Rombongan tiba di Fakultas Pendidkan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Rabu (18/5) pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Dr. Susan Fitriasari, M.Pd selaku Ka. Prodi PPKn UPI, berterima kasih atas kunjungan dari Prodi PPKn Unikama yang kesekian kalinya di Kampus UPI Bandung. “Prodi PPKn Unikama ini, sudah seperti keluarga sendiri, setiap kunjungan mesti ke Prodi kami”, tuturnya.

Kunjungan kali ini, lanjut Bu Susan panggilan akrab, kita akan lebih berdiskusi atau sharing begitu, ya! “kalo di Prodi kami, pada prinsipnya telah mengimplementasikan kurikulum MBKM, sama halnya dengan kampus lain, karena ini adalah tuntutan sekaligus menjadi kebutuhan zaman”, ujarnya.

Perubahan kurikulum tentu ada kelebihan dan kelemahan. Apalagi konsep konversi yang tak semua dosen bisa menerima begitu saja. “di kami, konversi matakuliah juga menjadi perdebatan tersendiri, ada beberapa dosen tidak mau tiba-tiba dikonversi dengan beberapa program MBKM ini, kendati demikian, kebijakan konversi selalu kami diskusi dengan dosen yang bersangkutan agar mahasiswa tidak dirugikan”, paparnya.

“Nah, kunjungan kali ini lebih diikat dan saling menguntungkan. Apalagi dalam kurikulum MBKM harus menjalin kerjasama dengan berbagai instansi sebagai bagian instrumen penilaian IKU”, tutupnya.

Sementara Romadhon, menegaskan kunjungan kali ini tak lain kami ingin banyak menggali pengalaman dalam menerapkan kurikulum MBKM. “terlebih kami akan melakukan kerjasama dalam penguatan implementasi kurikulum MBKM”, tuturnya.

salah satu poin dalam kerjasama yakni pertukaran mahasiswa. “jadi kedepan mahasiswa PPKn Unikama bisa mengambil matakuliah yang ada di Prodi PPKn UPI, selama matakuliah tersebut jumlah SKS-nya sama, dan keluar di semester yang sama”, lanjutnya sebelum penandatangan Perjanjian Kerjasama.

Terkait pola perkuliahan, pihak Prodi PPKn UPI bergantung dari mahasiswa yang mengambil program ini. “Misalnya, 2 matakuliah ambil di Prodi PPKn UPI dengan pola luring, maka matakuliah yang di Unikama mengambil pola daring, begitu juga sebaliknya. Sehingga mahasiswa bisa memperluas jejaring dan memperkuat khasanah pengetahuan”, jelasnya. (mr.dont)

Prodi PPKn Unikama Gandeng UPI Dalam Pertukaran Mahasiswa