PANCASILA-POST: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang terus melakukan penguatan dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu yang dilakukan adalah Kunjungan Eduwisata. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 16-20 Mei 2022 mengusung tema “Eduwisata: Kolaborasi Mahasiswa Membangun Bangsa Dalam Bingkai Kampus Merdeka”.

Kegiatan yang diikuti 45 mahasiswa ini melakukan kunjungan hari pertama di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), selasa (17/5). “alhamdulilah, rombongan kami diterima oleh Biro Humas dan Protoker DPR-RI di Gedung Abdul Muis”, tutur Romadhon, Ka. Prodi PPKn.

Di Gedung Nusantara, rombongan berdiskusi seputar sistem pemerintahan dan demokrasi yang dipandu oleh Ka. Sub. Biro Humas dan Protokoler. Menurut Kepala Biro Humas dan Protokoler, pendidikan politik bagi generasi muda harus dilakukan secara massif, demokrasi harus berjalan sesuai rel-nya.

“sebagai mahasiswa, saudara harus mengontrol perjalanan demokrasi di Indonesia, kepentingan partai politik dan tugas parlemen harus dikontrol oleh mahasiswa”, paparnya saat memberikan sambutan. Mahasiswa, lanjutnya harus aktif memberika masukan konstruktif dan penyusunan sebuah rancangan Undang-Undang.

“Ada progress di DPR yang bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi, termasuk Unikama. Kedepan Program Simulasi Parlemen Kampus bisa diajukan di Kampus Unikama”, imbuhnya. Menindaklanjuti progress, Ka. Prodi PPKn memberi apresiasi atas tawaran tersebut. “kami akan menindaklanjuti progress tersebut dengan mengajukan surat kerjasama, setelah kunjungan ini. Peluang ini tentu memberi nilai lebih pada lulusan PPKn ke depan”, harapnya.

Setelah sesi diskusi usai, rombongan langsung menuju museum DPR-RI untuk melakukan wawancara seputar ke-parlemen-an dan diakhiri foto bersama. (mr.dont)

Kunjungi DPR-RI, Prodi PPKn Unikama Mendapat Tawaran Progress