UNIKAMA – Prodi (Program Studi) PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) merupakan salah satu Prodi yang ada di Unikama (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) dengan konsentrasi pendidikan berbasis Pancasila. Banyak sekali yang akan didapatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran di Prodi ini.

Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd., selalu Kaprodi (Ketua Prodi) PPKn menjelaskan bahwa nantinya mahasiswa yang telah lulus bisa menjadi pendidik yang profesional.

“Di Unikama mahasiswa di bimbing untuk menguasai dasar-dasar ilmiah dan ilmu disiplin di bidang PPKn. Sehingga, mereka mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi, menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang PPKn,” terangnya.

Nantinya mahasiswa juga bisa menjadi Konsultan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Dalam proses pembelajarannya mahasiswa dibekali kemampuan untuk menganalisis bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajaran PPKn, menganalisis soal-soal PPKn berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) serta kemampuan dalam mengarahkan sekolah, organisasi dan kegiatan masyarakat dalam program-program yang berkaitan dengan praktek pembudayaan karakter dan Pancasila.

“Mahasiswa juga harus dibekali dengan kemampuan untuk melakukan penelitian dan dapat mengikuti perkembangan teknologi. Kami juga memberikan yang terbaik untuk mahasiswa, mereka akan dibimbing oleh Dosen yang memiliki kompetensi di bidangnya karena 80 persen Dosen bergelar Doktor dan sebagian sedang menempuh gelar Doktor.

Selain itu, perkuliahan dan proses bimbingan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja karena di masa pandemi ini semua dilakukan secara Daring. Mahasiswa juga dapat melakukan eksplorasi diri dalam mengimplementasikan media dan model pembelajaran dengan memanfaatkan sarana laboratorium PPKn, ” tambahnya.

Untuk kedepannya, Prodi PPKn akan meningkatkan kualifikasi Dosen menjadi 100 persen bergelar Doktor yang sesuai dengan kompetensi. Sedangkan untuk proses pembelajarannya akan menggunakan sistem Daring meskipun tidak dalam masa pandemi, karena hal ini juga dapat mempermudah mahasiswa agar dapat belajar dimana saja. Selaku Kaprodi ,ia juga memiliki target kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu dan Prodi juga berusaha meningkatkan layanan kepada mahasiswa khususnya dalam penggunaan sistem Daring.

“Saya berharap kedepannya Unikama benar- benar bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul pada tahun 2025. Sedangkan untuk Prodi PPKn bisa mewujudkan dan menjadi penghasil serta pengembang tenaga pendidik yang cerdas dalam menyikapi perkembangan pendidikan. Selain itu, Prodi PPKn tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat, sehingga semakin banyak mahasiswa yang bergabung bersama kami, ” tutupnya.

Prodi PPKn Unikama Siap Cetak Lulusan Jadi Pendidik Profesional
WhatsApp chat